• PONDOK PESANTREN MODERN AL KAUTSAR MUHAMMADIYAH SARILAMAK
  • Unggul dalam Ilmu, Terampil dalam Amal, dan Mulia dalam Akhlak
  • ppmalkautsarkm9@gmail.com
  • 085263926875
  • Pencarian

Profil Sekolah

Islamic Centre Muhammadiyah (ICM) adalah satu-satunya pusat kegiatan Islam di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh yang terletak di Kenagarian Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.ICM merupakan proyek Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dikelola oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lima Puluh Kota / Kota Payakumbuh.Di dalamnya bernaung Pondok Pesantern Modern Al-Kautsar Muhammadiyah yang pernah meniti puncak kejayaanya pada tahun 1990-1996 dengan jumlah santri lebih kurang 200 orang santri.

Islamic Centre Muhammadiyah (ICM) mulai dibanguan pada tahun 1988 dengan menggunakan dana awal sebesar Rp200 juta yang berasal dari bantuan ihya-utturatsi al-islamyyang berpusat di Quwait. Bantuan tersebut diusahakan oleh pimpinan pusat Muhammadiyah (H. Lukman Harun sebagai ketua Biro Hubungan Luar negeri) melakukan penggalian dana dari dalam dan luar negeri terutama dari Timur Tengah. Dengan dana itulah komplek Islamic Centre Muhammadiyah (ICM) mulai di bangun dan pada tahun 1989/1990 dimulailah membuka program pendidikan Pondok Pesantren yang diberi nama Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar.

Periode pertama Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar, dipimpin oleh (alm) Drs. Fasrief Arief. Selama kepemimpinan beliau ada kemajuan yang signifikan, bahkan jumlah santri mencapai 200 orang lebih dengan tingkat kelulusan yang sangat tinggi.Hal ini terbukti dengan banyaknya alumni angkatan pertama ini yang telah sukses meniti karir di berbagai bidang. Akan tetapi musibah menimpa Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar, kepemimpinan bapak Drs. Fasrief Arief tidak dapat dilanjutkan dan sebagai penggantinya diangkatlah bapak Mahyuzar. Semenjak itulah Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar mengalami fase kemunduran yang cukup panjang.Selama 15 tahun berikutnya Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar dipimpin oleh 7 orang pimpinan.Jadi 1 orang pimpinan menjalani masa jabatannya rata-rata hanya 2 tahun, artinya kurang dari periode kepemimpinan normal yaitu 4 tahun.

Kondisi ini membuat para petinggi pimpinan Muhammadiyah merasa prihatin dan segera melakukan rapat untuk mengatasi kondisi tersebut. Maka dibentuklah Badan Pengelola Islamic Centre Muhammadiyah (BP ICM) yang kemudian ditetapkan melalui Surat Keputusan PWM Sumatera Barat nomor : 41/KEP/II.0/D//2011 tertanggal 09 Jumadil Awal 1432 H bertepatan dengan tanggal 13 April 2011 M. BP ICM bertugas untuk menggalang dana sebanyak-banyaknya untuk pembenahan ICM, terutama amal usaha yang bergerak di bidang pendidikan. Kini Islamic Centre Muhammadiyah membawahi 5 (Lima) lembaga pendidikan:

a) PAUD dan TK (Pendidikan Anak Usia Dini)

b) SD Muhammadiyah Full Day School

c) MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Kautsar)

d) MTs PPM AL-KAUTSAR Muhammadiyah ICM Haji Lukman Harun

e) MAS AL KAUTSAR Muhammadiyah ICM Haji Lukman Harun

Komentar

Hacked By FAKEACCOUNTCANTIK https://t.me/FakeaccountTeam fakeaccountcantik@protonmail.com

Anak saya minta pindah ke Pondok pesantren u tingkat SD muhamadiyah klas 3 bisa tdk ya dan lokasinya dimana ya tks

Ustads mau tanya,untuk tingkat aliyyah mohon info lengkap biaya pendaftaran,biaya masuk,dan lainya,syukron jazakumullahu khairan ????????????

mau tanya .ank Sy klas 3 SD .rencana mau di pindahkan ke pasantren Brp uang masuk nya dan brp bulanan nya ust ... Terimakasih

Assallamualaikum... Maaf saya mau tanya,untuk santri yg mau masuk tingkatan sd itu sudah di asrama?

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Struktur Pimpinan

Mudir DAFRI HARWELI, M.Pd.I Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Peningkatan SDM MA ROSI YENI, S. Pd Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dan Peningkatan Prestasi MA ISMEDIA, S. Sn Wakil Kepala B

02/08/2022 11:00 WIB - Administrator
Visi dan Misi

Visi  Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah "UNGGUL DALAM ILMU, TERAMPIL DALAM AMAL, DAN MULIA DALAM AKHLAK"   Misi Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator